Kaleidoskop 2022: Ini Daftar 10 Penelusuran Terpopuler di Google

Khadijah Shahnaz Fitra
Jumat, 23 Desember 2022 | 11:34 WIB
Dua orang membuka laman Google dan aplikasi Facebook melalui gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019). Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan tentang Badan Usaha Tetap (BUT) untuk mengejar pemasukan pajak dari perusahaan asing yang berbasis di luar negeri namun bertransaksi dan memperoleh penghasilan di Indonesia termasuk perusahaan-perusahaan besar Over The Top (OTT) atau daring seperti Google, Facebook, Youtube dan lain-lain./ANTARA FOTO-Akbar Nugroho Gumay
Dua orang membuka laman Google dan aplikasi Facebook melalui gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019). Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan tentang Badan Usaha Tetap (BUT) untuk mengejar pemasukan pajak dari perusahaan asing yang berbasis di luar negeri namun bertransaksi dan memperoleh penghasilan di Indonesia termasuk perusahaan-perusahaan besar Over The Top (OTT) atau daring seperti Google, Facebook, Youtube dan lain-lain./ANTARA FOTO-Akbar Nugroho Gumay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google merilis laporan terbaru terkait penelusuran terpopuler oleh masyarakat Indonesia di mesin pencari sepanjang 2022.

Dilansir dari dataindonesia.id, Jumat (23/12/2022) dalam laporan ini ada beberapa kateori pencarian yang masuk mulai dari film/serial TV, lirik lagu, olahraga, hingga tokoh. Sepanjang 2022, "apa arti bestie" menjadi hal yang paling banyak ditelusuri orang Indonesia di Google.

Bahkan, pencarian mengenai topik tersebut sempat melonjak pada Maret 2022. Istilah bestie memang cukup populer di kalangan anak muda.

Kata ini pun biasa dipakai untuk memanggil teman akrab atau sahabat. Namun, tidak semua orang memahaminya, sehingga penjelasan mengenai kata tersebut banyak dicari melalui Google.

Penelusuran lain yang banyak dicari masyarakat Indonesia di Google pada 2022 terkait dengan "Citayam fashion week". Istilah ini sempat populer saat sekumpulan anak muda asal Citayam, Bogor, dan Depok berkumpul di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat pada Juli 2022.

Kemudian, masyarakat Indonesia juga sering menelusuri tentang "gempa hari ini" di Google. Kata kunci tersebut paling banyak dicari ketika terjadi gempa bumi, khususnya saat gempa Magnitudo 5,6 terjadi di Cianjur pada 21 November 2022.

Kemudian, "G20" juga masuk dalam daftar ini dengan periode pencarian tertinggi pada November 2022. Banyaknya masyarakat mencari kata kunci G20 ini seiring dengan perhelatan KTT G20 di Bali yang dihadiri sejumlah pemimpin dunia.

Selanjutnya, penelusuran terkait "deep talk" terlihat melonjak pada Februari 2022. Ada pula penelusuran tentang "love language" yang memuncak pada Juli dan Agustus 2022. Sementara, penelusuran mengenai "gerhana bulan" dan "BLT BBM" masing-masing melonjak pada November dan September 2022.

Masyarakat Indonesia juga banyak mencari penjelasan terkait NFT dan hepatitis akut melalui Google sepanjang 2022:

Berikut ini daftar 10 penelusuran terpopuler di Google Indonesia sepanjang 2022:

1. Apa Arti Besti

Apa Arti Besti menjadi tren penelusuran terbanyak masyarakat Indonesia pada tahun 2022. Tren ini pun melonjak di Google pada 27 Februari hingga 5 Maret 2022, penelusuran kata -kata ini paling banyak berada di wilayah timur Indonesia, seperti Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Barat.

Kata ini biasanya dipakai untuk memanggil teman akrab atau sahabat. Namun, tidak semua orang memahaminya, sehingga harus dicari melalui Google.

2. Citayam Fashion Week

Kaleidoskop 2022: Ini Daftar 10 Penelusuran Terpopuler di Google

Tren Citayam Fashion Week - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti.

Penelusuran lain yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia di Google pada 2022 terkait dengan "Citayam fashion week".

Istilah ini sempat populer saat sekumpulan anak muda asal Citayam, Bogor, dan Depok berkumpul di kawasan MRT Dukuh Atas Sudirman, Jakarta Pusat.

Tren ini melonjak di Google pada pada 24- 30 Juli 2022. Menariknya penelusuran ini paling banyak berada di wilayah DKI Jakarta, Banten dan DIY Yogyakarta.

3. Gempa Hari Ini

Pada urutan ketiga ini, masyarakat Indonesia juga sering menelusuri tentang "gempa hari ini" di Google. Kata kunci tersebut paling banyak dicari ketika terjadi gempa bumi di Cianjur pada 21 November 2022.

Gempa tersebut pun berkekuatan 5.6 Magnitudo dengan kedalaman 10 km yang terjadi di Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB ini dirasakan hingga Bandung, DKI Jakarta, Tangerang, Rangkasbitung, dan Lampung.

Penelusuran terkait Gempa Hari Ini ini pun banyak berada di wilayah Sumatra Barat,Sulawesi Barat dan Nusa Tenggara Barat.

Kaleidoskop 2022: Ini Daftar 10 Penelusuran Terpopuler di Google
Kondisi rumah warga yang terdampak gempa di Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Kamis (24/11/2022) /Dok. BNPB.

4. G20

Di urutan keempat ada Konferensi Tingkat Tinggi G20. Penelusuran G20 pun paling banyak terjadi di 13- 19 November 2022. Hal ini pun bisa dikarenakan Indonesia menjadi tuan rumah pemimpin dunia melakukan pertemuan.

Dalam pertemuan tersebut sempat terjadi beberapa momen bersejarah, seperti Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Perdana Menteri India Narendra Modi setelah dua tahun tidak bertemu akibat ketegangan geopolitik.

Penelusuran terkait G20 paling banyak terjadi di wilayah Bali, Bangka Belitung dan DKI Jakarta.

Kaleidoskop 2022: Ini Daftar 10 Penelusuran Terpopuler di Google
Presiden AS Joe Biden, PM India Narendra Modi, dan Presiden Joko Widodo saat membuka KTT G20 Bali di The Apurva Kempinski, Bali pada Selasa (15/11/2022) - Dok. Biro Setpres RI.

5. Deep Talk

Kata Deep Talk melonjak pada Februari 2022 atau tepatnya pada tanggal 13-19 Februari. Kata -kata deep talk pun kerap diasosiasikan dengan bermesraan, yang sesuai dengan bulan Februari atau Valentine.

Deep talk pun bisa dilakukan oleh sahabat, kata kata ini pun berartikan percakapan mendalam dua arah yang membicarakan banyak hal bermakna. Penelusuran terkait Deep Talk paling banyak di wilayah Kalimantan Selatan, Bengkulu dan Sulawesi Tengah.

6. Love Language

Kata Love Language sempat melonjak dua kali sepanjang tahun ini, pada 10-16 Juli 2022 dan 21- 27 Agustus 2022. Love language artinya sendiri adalah cara untuk mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang kepada seseorang. Cara inipun berdasarkan teori dari Gary Chapman berisikan 5 macam.

Mulai dari physical touch (sentuhan fisik), words of affirmation (kata-kata penegasan), quality time (waktu yang berkualitas), giving gifts (memberi hadiah), dan acts of service (pelayanan). Love language pun tidak selalu ditunjukkan kepada pasangan namun bisa menjadi cara bersosialisasi dengan teman.

Penelusuran terkait Love Language pun paling banyak di wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

7. Gerhana Bulan

Kaleidoskop 2022: Ini Daftar 10 Penelusuran Terpopuler di Google
Ilustrasi Gerhana Bulan - Dok. BMKG.

Kata Gerhana Bulan melonjak pada 6-12 November 2022. Kata ini pun melonjak pada saat fenomena gerhana bulan pada tanggal 8 November 2022.

Fenomena gerhana bulan terjadi di Indonesia dan negara-negara lainnya. Gerhana bulan adalah fenomena terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Penyebab gerhana bulan total terjadi akibat pergerakan posisi bulan-matahari-bumi sejajar. Peristiwa ini membuat bulan masuk ke umbra bumi yang mengakibatkan saat puncak gerhana terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah.

Penelusuran terkait Gerhana Bulan paling banyak berada di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.

8. BLT BBM

Kata penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) BBM melonjak pada September, Hal ini berhubungan dengan pemberian BLT BBM Tahap 1. BLT BBM ini pun diberikan akibat penaikan BBM pada 3 September 2022.

BLT BBM in merupakan bantuan pemerintah dalam pengalihan subsidi BBM sebesar Rp600.000 bagi 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk bantuan sosial sebesar Rp24,17 triliun, di mana Rp12,4 triliun akan dialokasikan untuk bansos dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp300.000 yang akan dibayarkan dua kali.

Penelusuran terkait BLT BBM pun paling banyak terjadi di wilayah Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

Kaleidoskop 2022: Ini Daftar 10 Penelusuran Terpopuler di Google
Presiden Jokowi meninjau penyaluran bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) di Kantor Pos Cabang Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (31/8/2022) - Dok. BPMI Setpres/Laily Rachev.

9. NFT

NFT atau Non Fungible Token (NFT) merupakan aset kripto berbentuk grafis atau cryptographic di dalam blockchain dengan kode identifikasi dan metadata yang unik sehingga membedakannya dengan yang lain. Tren ini melonjak pada awal tahun 2022, tepatnya Januari.

NFT pun identik beredar di pasaran meliputi barang-barang koleksi seperti karya seni digital, kartu olahraga, dan barang langka. Penelusuran terkait NFT melalui Google banyak terjadi di wilayah Bali, DKI Jakarta dan Banten.

Kaleidoskop 2022: Ini Daftar 10 Penelusuran Terpopuler di Google
Warga mengakses situs Opensea, marketplace yang menjual karya non-fungible token (NFT) di Jakarta, Minggu (13/2/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha.

10. Hepatitis Akut

Kata Hepatitis Akut melonjak pada bulan Mei tepatnya tanggal 1-7 Mei 2022. Banyak pencarian terkait penyakit tersebut berbarengan dengan melonjaknya kasus hepatitis akut di Indonesia.

Di Indonesia, kasus pertama hepatitis misterius terjadi pada 27 April 2022 lalu. Namun secara global penyakit ini pertama kali sudah ditemukan sejak 5 April 2022, meskipun sejumlah ahli meyakini kasus ini sudah ada jauh sebelum itu.

Hingga akhir Juni kemarin, Kementerian Kesehatan RI mencatat setidaknya terdapat 75 kasus hepatitis akut misterius yang tersebar di 21 provinsi Indonesia. Sejauh ini dilaporkan sembilan orang meninggal.

Penelusuran terkait Hepatitis akut pun banyak terjadi di wilayah Jawa Timur, DI Yogyakarta dan Banten.

Kaleidoskop 2022: Ini Daftar 10 Penelusuran Terpopuler di Google
Ilustrasi seorang anak dirawat akibat hepatitis akut misterius/WHO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper