Apakah Fitur GB WhatsApp Aman Digunakan?

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 30 Maret 2023 | 19:12 WIB
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - GB WhatsApp adalah versi modifikasi dari WhatsApp yang terlihat seperti aplikasi aslinya, tetapi terdapat perbedaan yang dimana GB WhatsApp memiliki lebih banyak fitur. Adanya fitur tambahan salah satu alasan utama penggunaan aplikasi ini. Bagi Anda yang masih bingung, pembaruan GB WhatsApp  tidak ada hubungannya dengan WhatsApp asli. 

Melansir dari mobiletrans.wondershare.com, terdapat fitur menarik yang disediakan melalui aplikasi tersebut, antara lain pengguna bisa mendapatkan tema yang dibuat oleh pengguna lain dari aplikasi ini dan Anda dapat memilikinya secara gratis. Berbeda dengan aplikasi aslinya, aplikasi ini tersedia dalam beberapa bahasa termasuk China, Spanyol, dan Inggris.

Fitur penting lainnya dari aplikasi ini adalah opsi privasinya. Dalam versi modifikasi ini, pengguna dapat memilih privasi pribadi. Ini akan memberi pengguna kontrol penuh atas aplikasinya, dan pengguna dapat memutuskan apakah keberadaaan dalam aplikasi tersebut  terlihat atau tidak.

Namun, adanya aplikasi ini juga memiliki kekurangan dan bahaya bagi para pengguna. GB WhatsApp tidak aman digunakan karena pengguna aplikasi ini dilarang oleh WhatsApp. Ada banyak penyedia aplikasi GB WhatsApp. Penyedia mengklaim bahwa pengguna dapat menyimpan perangkat mereka selama mereka mengunduh file melalui situs web yang terpercaya.

Pengembang aplikasi menggunakan kode dari Aplikasi WhatsApp asli tanpa lisensi atau izin resmi. Hal tersebut berarti bahwa tidak ada pilihan untuk memverifikasi kredibilitas aplikasi, apakah aplikasi tersebut bebas dari virus. Selama itu adalah file pihak ketiga, pengguna tidak memiliki jaminan apakah datanya disalahgunakan atau tidak nantinya. 

Di sisi lain, melansir dari cashify.in, jika Anda menggunakan GB WhatsApp, kemungkinan Anda akan diblokir untuk menggunakan WhatsApp yang asli. Perlu diketahui bahwa aplikasi tersebut tidak dikembangkan oleh pencipta aslinya dan tidak mendukung enkripsi end-to-end. Oleh karena itu, data Anda bisa saja tidak aman jika menggunakan aplikasi ini. 

Bagi Anda yang bingung dimana Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut, perlu diketahui juga bahwa aplikasi ini tidak tersedia di Play Store. Anda perlu mengunduhnya melalui situs web pihak ketiga yang tidak dapat dipercaya sepenuhnya karena terdapat risiko munculnya tautan berbahaya sehingga hal tersebut membuat aplikasi tersebut tidak disarankan untuk digunakan. 

Namun, bagi Anda yang ingin menggunakan GB WhatsApp, Anda harus tahu bahwa seperti halnya WhatsApp asli, Anda juga dapat memperbarui WhatsApp GB karena terdapat fitur-fitur baru yang dapat digunakan.

Ini cara update GB Whatsapp: 

1. Buka GB WhatsApp di ponsel Anda.

2. Klik pada tiga titik yang ada di sudut kanan atas layar.

3. Klik pada Fouad Mods.

4. Kemudian, klik Pembaruan.

5. Setelah itu, klik opsi Periksa Pembaruan.

6. Jika ada pembaruan GB WhatsApp yang tersedia, Anda dapat mengetuknya dan itu akan membawa Anda ke browser tempat Anda dapat mengunduh pembaruan.

7. Tunggu beberapa menit hingga versi terbaru GB WhatsApp diunduh.

8. Setelah selesai, klik di atasnya.

9. Sekarang, izinkan Instal dari sumber yang tidak dikenal.

10. Klik Instal untuk memperbarui GB WhatsApp di ponsel Anda.

11. Tunggu beberapa detik hingga prosesnya selesai.

12. Setelah pembaruan selesai, Anda dapat kembali menggunakan GB WhatsApp Anda. Jangan khawatir karena obrolan Anda sebelumnya tidak akan terhapus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper