Antrean kendaraan di gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/6). Data dari PT Lintas Marga Sedaya (LMS) pada H-5 Lebaran, jumlah kendaraan yang keluar dari gerbang tol Palimanan mencapai 44.408 mobil./ANTARA FOTO-Dedhez Anggara
Travel

Riset Traveloka: Mudik Dengan Moda Transportasi Darat Meningkat

Asteria Desi Kartika Sari
Selasa, 14 Mei 2019 - 23:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang libur Lebaran 2019 kebutuhan transportasi angkutan mudik semakin meningkat. Berbagai moda transportasi menjadi pilihan para pemudik mulai dari darat, laut, hingga udara.

Menyikapi permintaan tiket untuk mudik yang tinggi setiap tahunnya, Traveloka siap melayani pembelian tiket untuk berbagai moda transportasi seperti tiket pesawat, kereta, bus dan travel, rental mobil hingga antar-jemput bandara.

Berdasarkan riset Kementerian Perhubungan (Kemenhub), puncak arus mudik Lebaran diperkirakan akan jatuh pada tanggal 31 Mei 2019. Namun, Kemenhub menyatakan bahwa pemudik yang menggunakan moda transportasi udara akan menurun. Sementara itu, pemudik dengan moda transportasi bus dan kereta diprediksi akan mengalami peningkatan.

Mengenai tren pemilihan moda transportasi Lebaran, Iko Putera, Head of Growth Management Traveloka mengungkapkan, berdasarkan riset internal, animo masyarakat terhadap moda transportasi pesawat masih cukup tinggi.

Kendati demikian, di tahun ini, permintaan terhadap moda transportasi darat meningkat secara signifikan, yaitu mencapai hingga 30% untuk kereta api dan 300% untuk bus antar kota dibandingkan dengan periode normal.

 "Memilih moda transportasi Bus sebagai kendaraan untuk mudik juga bisa menjadi salah satu solusi, terutama bagi pengguna yang ingin menghemat anggaran, " jelasnya, Selasa (14/5/2019).

Berdasar data Traveloka, dengan menggunakan Bus dari kota asal (Jakarta) ke berbagai kota tujuan di Pulau Jawa (Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Malang), pengguna bisa menghemat anggaran hingga Rp 950.000,- jika dibandingkan dengan naik pesawat.

Dengan harga tiket Bus yang ditawarkan berkisar mulai dari Rp 280.000,- hingga Rp 350.000,- ke kota-kota tersebut, pengguna sudah bisa mendapatkan kenyamanan seperti AC, makanan gratis, kursi recliner, jumlah bagasi yang besar, hingga perlengkapan tidur seperti selimut.

Kenyamanan juga tidak hanya terdapat pada fasilitas bus, di mana setiap pembelian tiket bus akan terjamin keberangkatan pengguna. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk memesan tiket bus secara online di Traveloka.

Untuk transportasi bus, Traveloka memiliki rute dan jadwal yang lengkap termasuk jadwal bus eksklusif hanya di Traveloka untuk rute Jakarta – Yogya – Solo dan Jakarta – Surabaya – Malang. Selain itu, Traveloka juga menyediakan solusi mudik terjangkau melalui berbagai program promo untuk semua moda transportasi yang tersedia di Traveloka, termasuk promo diskon sampai dengan Rp 100 ribu untuk pembelian tiket bus.

Melihat fenomena mudik Lebaran yang selalu ramai, kesiapan Traveloka dalam menyambut Lebaran tahun ini dimulai dengan menghadirkan stabilitas sistem pemesanan dan pembayaran untuk semua moda transportasi yang tersedia.

Selain itu, Traveloka menghadirkan layanan pelanggan 24 jam dalam 7 hari penuh, serta Jaminan Tiket Resmi atau 100 persen uang kembali jika terjadi kendala saat keberangkatan. Untuk tiket Pesawat, terdapat juga beragam fitur-fitur tiket pesawat yang memudahkan pengguna seperti Online Check-in, Flight Status, Multi-city, Easy Reschedule, Price Alert, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro