Pulau Senggalau. /BISNIS.com
Travel

Pulau Senggalau, Destinasi Wisata Antigalau

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Selasa, 7 Juli 2020 - 19:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kabupaten Berau di Provinsi Kalimantan Timur mempunyai ragam destinasi wisata alam pesisir yang memikat hati. Salah satunya adalah Pulau Gusung Senggalau, bagian dari gugusan Kepulauan Derawan.

Pulau Gusung Senggalau atau yang akrab disebut Pulau Senggalau adalah pulau yang memikat hati hingga keindahannya akan menjauhkan perasaan galau di hati para pengunjungnya. Pulau ini terbentuk dari naiknya dasar laut ke permukaan.

Pulau dengan nama tengah "Gusung" memang memiliki arti pasir. Pulau ini hanya terdiri dari gundukan pasir dan sebuah rumah kecil dari bambu di dekat pulau.

Rumah ini merupakan tempat nelayan berteduh atau beristirahat saat memancing. Rumah ini juga seringkali menjadi pos istirahat sesaat para wisatawan yang berkunjung.

Dari ragam keunikan di Kepulauan Derawan, kawasan ini menawarkan suasana yang sunyi, dengan gugusan pulau, awan dan langit ban indah, hamparan pasir putih yang dikelilingi ombak yang menderu.

Keunikan lain Pulau Senggalau adalah, Anda hanya bisa mendatangi pulau ini sebelum pukul 17.00 dan jika pasang air tidak terlalu tinggi. Jika sudah di atas pukul 17.00, pulau dengan pasirnya akan tenggelam dan tidak terlihat. Anda hanya baru bisa menjumpainya esok hari.

Kepulauan Derawan yang mempunyai paket wisata ke ragam pulau menyimpan mitos. Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis.com, Selasa (7/7/2020), pengambilan nama pulau-pulau di kepulauan Derawan, seperti Kakaban, Sangalaki, dan Senggalau terkait dengan kisah mengenai sepasang perempuan dan laki-laki yang akan menggelar pernikahan.

Namun, karena mengalami kecelakaan di tengah laut, pernikahan tersebut gagal terlaksana. Kapal yang mereka tumpangi pecah, dan akhirnya keduanya terpisah.

Maka dari itu, nama Kepulauan Derawan mempunyai maksud dari kata "Perawan". Adapun Pulau Sangalaki maksudnya "Laki-laki."  Sementara Pulau Maratua dimaksudkan atau artinya "Mertua, dan sisanya Pulau Kakaban yang punya arti "Kakak."

Pulau Senggalau sendiri dinamakan demikian karena kisah gagalnya pernikahan ini membuat galau.

Sisa pulau lain dari gugusan Kepulauan Derawan adalah Pulau Samawa, yang merujuk pada kata "Samawa", artinya doa agar keluarga yang terbina dari rumah tangga itu nantinya Sakinah atau rukun dan bahagia.

Di balik kisah galau, keindahan Senggalau yang singkat setiap harinya dijamin bisa membuat Anda terbebas dari perasaan galau.

Sudah siap melancong lagi ke luar kota? Jangan lupa coba ke Pulau Senggalau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro