Desa Wisata Dawuhan di Banyuwangi
Travel

Meneropong Kota Lama dan Desa Wisata di Banyumas

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Senin, 14 September 2020 - 16:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Banyumas merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di selatan Gunung Slamet memiliki ragam potensi wisata khususnya di area Kota Lama.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Bisnis.com, ada banyak lokasi wisata hingga kuliner yang menjamur di kawasan Kabupaten Banyumas. Meski demikian hanya segelintir saja lokasi yang bisa disebut sebagai lokasi paling populer di tempat ini.

Pertama, adalah Kota Lama Banyumas. Alun-alun Kota Lama Banyumas menarik untuk dikunjungi karena disana Anda bisa menemukan bangunan-bangunan cagar budaya. Pasalnya, pada zaman dulu alun-alun ini merupakan penanda bangunan pemerintahan, dan ditanami pohon beringin sebagai lambang pengayom rakyat.

Tak hanya dari area alun-alun, Anda akan menemukan Pendopo Si Panji, Banyumas. Pendopo ini diyakini merupakan lambang kekuatan rakyat Banyumas dan dibangun oleh Adipati Yudonegoro II, Bupati Banyumas ke 7 sekitar tahun 1706.

Tak jauh dari Pendopo si Panji, Anda pun akan menemukan Masjid Nur Sulaiman, masjid yang berdiri pada 1725 oleh Kyai Nur Sulaiman, dari Gumelem. Dalam pembangunan masjid ini, Kyai Nur Daiman berperan sebagai Arsitek. Peninggalan asli masih terdapat di masjid ini adalah beduk, mimbar, sakaguru, dan sumur.

kota lama banyumas, wisata banyuwangi
kota lama banyumas, wisata banyuwangi

Kedua, dari kawasan alun-alun Kota Lama, Anda bisa bertolak ke Desa Wisata Dawuhan, salah satu desa wisata yang membawa Anda masuk mengenali budaya Banyumas. Desa ini terletak di selatan Sungai Serayu, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas. Di desa ini, terdapat makan Astana Redi Bendungan, makam para pendiri atau pembesar dan orang terkenal yang berasal dari Banyumas.

Masyarakat di desa ini terkenal religius, dan sangat memegang teguh adat istiadat leluhurnya. Sebagian di antaranya menjadi kegiatan budaya yang dapat ditunjukkan sebagai atraksi wisata.

Jika Anda ingin berkuliner, maka Anda perlu bertolak ke sentra kuliner dan batik yakni Sentra Industri Nopia dan Sentra Batik Pringmas. Di Sentra Industri Nopia, Anda bisa menjumpai proses pembuatan nopia yakni makanan khas Banyumas.

Anda juga bisa menikmati nopia dari berbagai ukuran. Nah, di Sentra Batik Pringmas, Anda juga tak hanya menyaksikan pembuatan batik Banyumas, namun juga bisa merasakan sensasi membuatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro