Tentara Afganistan dan Tentara NATO memeriksa bangunan yang rusak akibat serangan bom, Kamis (10/11/2016). /Reuters
Travel

Hati-hati Traveler, Ada 14 Negara paling Berbahaya Tahun 2021. Berikut Daftarnya!

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 4 Desember 2020 - 10:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda berencana melakukan perjalanan bisnis atau liburan ke luar negeri tahun depan?

Sebelum melakukannya, maka ada baiknya Anda menghindari sejumlah negara yang disebut sebagai negara paling berbahaya tahun 2021 menurut pakar.

Beberapa negara itu termasuk Libya, Suriah, dan Afghanistan. Hal itu berdasarkan "Peta Risiko Perjalanan", yang disusun oleh spesialis keamanan dan medis global dari International SOS, menilai tingkat keamanan negara berdasarkan "ancaman yang ditimbulkan kepada karyawan oleh kekerasan politik (termasuk terorisme, pemberontakan, kerusuhan bermotif politik, dan perang), kerusuhan sosial (termasuk kekerasan sektarian, komunal dan etnis) serta kejahatan kekerasan dan kecil, ”menurut situs badan tersebut.

Infrastruktur transportasi, keadaan hubungan industrial, efektivitas layanan keamanan dan darurat, dan kerentanan terhadap bencana alam juga menjadi faktor penting.

Negara berisiko “ekstrem” - kategori tertinggi mencakup 14 negara (sebagian besar mencakup Afrika dan Timur Tengah) dengan perincian Afghanistan, Yaman, Suriah, Libya, Mali, Somalia, Sudan Selatan, dan Republik Afrika Tengah, bersama dengan sebagian Nigeria, Republik Demokratik Kongo, Ukraina, Pakistan, Irak dan Mesir. Demikian dilansir dari New York Post.

Titik panas berbahaya ini menunjukkan tidak adanya kendali pemerintah dan pelanggaran hukum di wilayah yang luas, “ancaman serius serangan kekerasan oleh kelompok bersenjata yang menargetkan pelancong dan penerima tugas internasional,” sebuah pemerintahan dan layanan transportasi yang hampir tidak berfungsi. Belum lagi sebagian besar negara tidak dapat diakses oleh orang asing, menurut penelitian.

Sementara itu, negara-negara berisiko “rendah” termasuk AS, Kanada, dan sebagian besar Eropa, sementara negara-negara Skandinavia merupakan negara berisiko “tidak signifikan” tertinggi - sebutan yang paling aman.

Peta tersebut juga mengevaluasi keamanan medis negara-negara (yang berkaitan dengan kondisi kerja) sebelum pandemi virus korona dengan negara-negara berisiko "sangat tinggi" termasuk Venezuela, Niger, Libya, Somalia, Sudan Selatan, Eritrea, Yaman, Burkina Faso, Guinea, Suriah, Afghanistan dan Irak. Yang mencatat risiko "rendah" adalah Inggris, Eropa Barat, AS, Kanada, dan Afrika Selatan.

Pemeringkatan tersebut didasarkan pada berbagai faktor, mulai dari penyakit menular hingga faktor lingkungan yang membebani dan standar layanan medis darurat.

Penunjukan medis bergeser pasca pandemi dengan hanya empat negara yang mencapai peringkat risiko terendah dalam hal pembatasan bisnis karena COVID: Tanzania, Selandia Baru, Nikaragua, dan Svalbard.

Pembulatan menengah pada risiko "sedang" untuk karyawan adalah AS, Brasil dan India, sementara Rusia dan Afghanistan termasuk di antara negara-negara berisiko "tinggi".

Hanya satu negara Georgia yang dikategorikan sebagai risiko "sangat tinggi", sebagaimana didefinisikan dengan memiliki operasi bisnis yang sangat terbatas atau bahkan tidak ada dengan hanya layanan penting yang berfungsi dengan kapasitas penuh, sesuai grafik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro