Destinasi wisata di Semarang, Jawa Tengah.
Travel

Ini Tujuan Wisata di Semarang yang Sayang Untuk Dilewatkan

Yudi Supriyanto
Rabu, 24 Februari 2021 - 20:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Semarang adalah salah satu kota yang menyimpan banyak tujuan wisata, dari wisata budaya sampai dengan alam yang sangat sayang untuk dilewati.

Dilansir dari Indonesia Travel, Semarang tidak hanya tentang Kota Lama dan Lawang Sewu yang sudah sangat terkenal. Di tempat ini, terdapat banyak tujuan wisata yang layak masuk dalam daftar liburan Anda ketika berkunjung. Berikut tempat-tempat yang dapat Anda kunjungi di Semarang:

1. Brown Canyon

Di pinggiran Kota Semarang, tepatnya di daerah Rowosari, Tembalang, ada pertambangan pasir dan batu yang belakangan justru dikenal sebagai destinasi untuk berfoto sekaligus berwisata.

Nama tempat itu adalah Brown Canyon. Di tempat ini,  Anda dapat berfoto dengan latar belakang perbukitan yang sudah menjadi tebing-tebing curam karena sudah ditambang selama puluhan tahun.

Di atas tebing-tebing yang menjulang tinggi itu ada pohon-pohon yang tumbuh. Kondisi ini membuat banyak fotografer berdatangan untuk membidiknya.

Waktu terbaik untuk datang Brown Canyon adalah di sore hari. Selain kondisinya sudah tidak terlalu panas, Anda juga bisa melihat matahari terbenam. Foto tebing dengan langit yang sudah berwarna jingga akan tampak lebih eksotis. Selain itu, aktivitas penambangan juga sudah sepi ketika sore hari.

lokasi wisata brown canyon
lokasi wisata brown canyon

2. Wisata Lereng Kelir

Wisata Lereng Kelir secara resmi dibuka pada Januari 2017. Wisata alam yang yang menawarkan ketenangan ini berlokasi di Dusun Gertas, Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, Semarang.

Kalau berangkat dari Kota Semarang, maka Anda akan butuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan darat. Jika dihitung, maka jaraknya kurang lebih sejauh 46 kilometer dari Kota Semarang.

Untuk bisa menyaksikan pemandangan alam yang menakjubkan, Anda harus menyiapkan diri untuk mendaki selama kurang lebih 1,5 jam. Setelah tiba di puncak, rasa lelah yang Anda rasakan akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa.

Anda bisa melihat keindahan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, dan Gunung Merbabu. Jangan lupa juga dengan kecantikan Rawa Pening yang dapat Anda saksikan dari puncak Lereng Kelir.

Kalau tertarik untuk berkemah di puncak Lereng Kelir, maka Anda bisa membawa peralatan sendiri. Biasanya akan ada banyak wisatawan lain yang juga membangun tenda dan bermalam di spot ini. Pada malam hari, wisatawan biasanya akan duduk santai sambil melihat lampu-lampu kota dari atas ketinggian.

wisata lereng kelir di jawa tengah
wisata lereng kelir di jawa tengah

3. Candi Gedong Songo

Semarang memiliki sebuah komplek candi Hindu yang terletak di lereng Gunung Ungaran yaitu Candi Gedong Songo. Istilah 'Gedong Songo' berarti sembilan bangunan. Namun uniknya, hanya ada lima komplek candi yang berdiri dengan megah di Desa Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang ini.

Candi-candi di sini juga dibangun secara berderet dari bawah ke atas perbukitan. Sampai saat ini belum ada yang mengetahui secara pasti kenapa susunannya dibuat seperti itu. Satu hal yang pasti adalah Anda akan melihat candi sekaligus menyaksikan pemandangan perbukitan yang hijau di spot ini.  

 

candi gedong songo
candi gedong songo

4. Rawa Pening

Selain wisata alam di bukit dan pegunungan, Anda juga bisa mampir ke danau alami yang berada di cekungan antara Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, dan Gunung Telomoyo. Namanya Rawa Pening. Danau ini memiliki luas sekitar 2.670 hektare.

Di tempat ini juga, Aktivitas yang dapat Anda lakukan adalah menyewa perahu lalu berkeliling danau sembari menikmati pemandangan. Setelah lelah berkeliling selama kurang lebih 40 menit, Anda bisa kulineran di warung apung yang terletak di dekat danau.

objek wisata rawa pening di jateng
objek wisata rawa pening di jateng

5. Curug Benowo

Semarang memiliki Curug Benowo atau air terjun Benowo yang berada di lereng Gunung Ungaran, dan Anda dapat pergi ke tempat ini untuk berlibur. Tinggi air terjun di curug ini sekitar 70 meter dengan aliran air yang terbilang deras.

Untuk sampai di tempat ini, Anda harus berjalan kaki terlebih dulu sepanjang kurang lebih 2,5 kilometer, dan jalan terjal. Setelah itu, Anda akan disambut air terjun yang masih bersih dan segar.

Pemandangan hijau dari pohon-pohon tinggi yang mengelilingi area air terjun membuat suasana terasa semakin menyenangkan dan menenangkan.

curug benowo jateng
curug benowo jateng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro