Pesawat Japan Airlines tengah parkir di Bandara Haneda, Jepang./Bloomberg
Travel

Inilah Maskapai dan Bandara Paling Tepat Waktu di Dunia, Garuda Indonesia Termasuk?

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 12 Juni 2021 - 10:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Waktu yang menantang untuk perjalanan udara telah menyebabkan perombakan dalam peringkat kinerja tepat waktu, dimana Japan Airlines Co. dan Bandara Haneda Tokyo naik ke posisi teratas untuk ketepatan waktu.

Maskapai lainnya yang masuk dalam kategori ini termasuk Hawaiian Airlines Inc., Red Wings ZAO dan Avianca Holdings SA, menurut data Cirium dalam “Laporan Kinerja Tepat Waktu” bulanan pertama sejak Februari 2020.

Di Asia Pasifik, Japan Airlines naik menjadi yang pertama untuk kedatangan tepat waktu di bulan Mei dari 10 dalam laporan sebelumnya, diikuti oleh rekan senegaranya ANA Holdings Inc. dan kemudian Air New Zealand Ltd., Garuda Indonesia dan Korean Air Lines Co.

Di Amerika Utara, Hawaiian Airlines terus menempati posisi teratas dan Air Canada naik ke urutan kedua dari luar 10 besar. Southwest Airlines Co. turun dari urutan kedua ke kesembilan, meskipun mengoperasikan penerbangan terbanyak pada 89.297.

Red Wings yang berbasis di Moskow memimpin di Eropa, diikuti oleh Vueling Airlines SA, Iberia, KLM dan Aeroflot, menurut Cirium. Avianca adalah maskapai paling tepat waktu di Amerika Latin, mengungguli Azul SA dan Gol di posisi kedua dan ketiga.

Bandara Haneda meraih skor keberangkatan tepat waktu sebesar 96,86%. Tempat lain di lima besar untuk hub tepat waktu diambil oleh Sheremetyevo International, Minneapolis-St. Paul, Detroit Metropolitan Wayne County dan Philadelphia International. Dari 20 bandara yang diperingkat, Miami International berada di peringkat terbawah dengan skor 83,14%.

20 bandara teratas secara kolektif menangani lebih dari setengah juta penerbangan pada Mei, turun hanya 4% dari Februari 2020, sementara kinerja tepat waktu mereka meningkat tiga poin, kata Cirium.

Perusahaan analitik penerbangan mengatakan mereka menghidupkan kembali laporan itu ketika perjalanan udara kembali. dengan 117% lebih banyak penerbangan yang diselesaikan pada bulan Mei dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, terutama didorong oleh layanan domestik.

Pemeringkatan menggunakan serangkaian pengukuran, termasuk jika keberangkatan dan kedatangan lebih awal atau tepat waktu, kedatangan dalam waktu 15 menit dari jadwal, dan penerbangan beroperasi dalam waktu blok yang dijadwalkan dari gerbang ke gerbang.
Di Titik

Operator memiliki penerbangan 117% lebih banyak di bulan Mei dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

“Ketika penerbangan telah kembali, ini adalah lapangan bermain yang setara untuk menganalisis kinerja tepat waktu dari maskapai dan bandara lagi – tanda positif bagi industri,” kata Chief Executive Officer Cirium Jeremy Bowen dalam sebuah pernyataan.

“Sementara faktor-faktor yang menyebabkan penundaan wilayah udara yang padat, jalur taksi atau penumpang yang terhubung tidak ada pada tahun 2020, mereka kemungkinan akan kembali secara perlahan pada tahun 2021 dan hingga 2022.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro