Stadio Olimpico
Travel

Mengintip Megahnya Stadio Olimpico, Saksi Laga Italia vs Turki di Euro 2020

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 12 Juni 2021 - 11:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Stadio Olimpico menjadi stadion pertama pembuka Euro 2020 antara Italia vs Turki.

Secara keseluruhan, stadion ini menggelar satu pertandingan perempat final Euro 2020 serta tiga pertandingan Grup A yang berbagi tugas dengan Stadion Olimpiade Baku.

Stadion itu menjadi markas AS Roma dan Lazio dan menjadi tempat final Piala Eropa/Liga Champions pada empat kesempatan (1977, 1984, 1996 dan 2009) serta tuan rumah final Piala Eropa 1980 dan final Piala Dunia 1990.

Roma adalah ibu kota Italia dan masuk wilayah Lazio. Kota yang terkenal dengan seni dan arsitektur bangunannya itu memiliki banyak destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, seperti Sistine Chapel, Trevi Fountain, Castel Sant’Angelo, Foro Romano, Colosseum dan Auditorium Parco della Musica Modern.

Stadion Olimpico adalah fasilitas olahraga terbesar di Roma, Italia, dengan kapasitas tempat duduk lebih dari 70.000 penonton. Terletak di dalam kompleks olahraga Foro Italico, di utara kota. Struktur ini dimiliki oleh Komite Olimpiade Nasional Italia dan digunakan terutama untuk sepak bola asosiasi. Stadio Olimpico adalah stadion kandang dari klub sepak bola Roma dan Lazio, dan juga menjadi tuan rumah final Coppa Italia. Itu dibangun kembali untuk Piala Dunia FIFA 1990 dan menjadi tuan rumah final turnamen.

Meskipun merupakan stadion Olimpiade, oleh karena itu secara eksklusif didedikasikan untuk olahraga, konser musik juga diadakan, khususnya konser oleh Claudio Baglioni pada tanggal 6 Juni 1998, yang masih memegang rekor kehadiran di Olimpico dengan total lebih dari 100.000 penonton, terima kasih kepada fakta bahwa panggung terletak di tengah stadion dan publik mengelilinginya memenuhi semua kursi.

Dinilai sebagai stadion kategori empat UEFA, stadion ini juga telah menjadi tuan rumah empat final Piala Eropa, yang terbaru adalah Final Liga Champions UEFA 2009. Di luar sepak bola, stadion ini digunakan oleh tim persatuan rugby nasional Italia dan merupakan stadion atletik nasional Italia. Kadang-kadang, itu menjadi tuan rumah konser dan acara.

Pada tahap pertama, Stadio Olimpico disebut Stadio dei Cipressi. Itu dirancang dan dibangun dalam proyek yang lebih besar dari Foro Mussolini (Forum Mussolini) yang berganti nama menjadi Foro Italico setelah perang.

Pekerjaan konstruksi dimulai pada tahun 1927 yang disutradarai oleh insinyur Turine Angelo Frisa dan arsitek Enrico Del Debbio. Konstruksi selesai pada tahun 1932, setelah beberapa variasi dari rencana semula. Misalnya, pembangunan tegakan pasangan bata bukan merupakan bagian dari rencana awal karena pada awalnya tegakan terdiri dari teras-teras rumput.

Pada tahun 1937, pembangunan tangga tingkat kedua dimulai tetapi terhenti pada tahun 1940 karena pecahnya Perang Dunia II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro