Kerang Simping
Kuliner

Mengenal Kerang Simping, Biota yang Berada Didasar Laut Indonesia

Ayyubi Kholid Saifullah
Kamis, 19 Agustus 2021 - 18:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia memang dikenal sebagai negara maritim yang mayoritas wilayahnya adalah perairan, itu sebabnya Indonesia kaya akan biota lautnya.

Indonesia memiliki 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut dan masih banyak lagi biota laut yang tersebar di Indonesia.

Termasuk pada kekayaan kerang yang ada di perairan Indonesia, ada beberapa jenis kerang yang ada di Indonesia seperti yang biasa populer di masyarakat seperti kerang hijau, kerang dara dan juga kerang tiram.

Salah satu biota laut berupa jenis kerang-kerangan yang masih awam ditelinga namun berada di Indonesia yaitu kerang simping.

Kerang simping sangat kaya akan manfaatnya baik dari dagingnya yang sangat nikmat dan juga kulitnya yang bisa digunakan sebagai hiasan.

Tidak hanya di dalam negeri rupanya kerang simping juga diminati oleh pengusaha Mancanegara.

Di negara Timur Tengah kerang simping berguna sebagai penyaring air bersih, Timur Tengah yang lebih banyak padang pasir membuat kualitas air disana pun masih sangat keruh karena pasir, maka dari itu kerang simping disana digunakan sebagai pemfilter.

Penyebaran kerang simping sebenarnya cukup banyak di daerah Jawa dan Banten namun tak banyak yang mencarinya dikarenakan posisi nya di dasar laut yang cukup dalam membuat tidak banyak nelayang yang mau mencari kerang simping.

Di Indonesia popularitas kerang simping sangat jauh jika dibandingkan popularitas dari kerang hijau ataupun kerang dara, biasanya para pemilik restoran seafood lebih memilih menggunakan kerang hijau ataupun kerang dara untuk di masak, dikarenakan kedua jenis kerang tersebut sangat mudah didapatkan.

Padahal kalau bicara soal rasa daging kerang simping mempunyai rasa yang lebih enak dan tekstur yang lebih kenyal untuk dimasak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro