Museum kepurbakalaan lama Banten
Travel

Batu Karang Berelief di Museum Situs Kepurbakalaan Banten

Robby Fathan
Rabu, 25 Mei 2022 - 21:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Banten sebagai provinsi yang baru berdiri pada tahun 2000 dengan Serang sebagai ibu kotanya memiliki situs kepurbakalaan dan sejarah kesultanan sangat monumental.

Terbukti, dengan adanya Museum Kepurbakalaan Banten, Masjid Agung Banten, Keraton Surosowan, dan beberapa benteng serta makam para sultan.

Mengenal Banten tak jauh dengan peninggalan artefak yang ditinggalkan oleh orang-orang pada masanya, sangat menarik jika generasi kita mulai mengenal beberapa peninggalan masa lalu yang digali dan diteliti oleh sejarawan. Semua artefak dan peninggalan Belanda disimpan rapih oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya Banten.

Untuk yang berencana menghabiskan akhir pekan sambil belajar sejarah yuk kita lihat koleksi Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama

Museum ini merupakan salah satu unit teknis di bawah Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diresmikan pada 15 Juli 1985

Sebelum pandemi museum ini beroperasi setiap hari kecuali hari Sabtu dan Minggu. Namun sejak pandemi museum ini hanya beroperasi empat kali dalam seminggu yaitu hari Selasa-Jumat mulai pukul 09.00-14.00 WIB.

Di pintu masuk pengunjung akan langsung diarahkan ke loket tamu dan mengisi buku kunjungan, ruang pertama yang akan pengunjung lihat adalah ruangan luas yang berisikan gerabah raksasa dengan latar tembok bertuliskan Museum Kepurbakalaan Banten.

Museum ini berada di Kawasan Banten Lama yang terkenal itu, yakni di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten, sekitar 12 km ke arah utara dari Kota Serang.

Saat berkunjung ke Museum Situs Kepurbakalaan Banten ini, kalian akan melihat batu karang berelief

Pecahan batu karang berelief ini ditemukan di bekas reruntuhan gerbang istana Surosowan. Motif-motif relief yang teridentifikasi antara lain bentuk manusia (berupa lengan), motif hewan (berupa sayap dan kaki unggas, dan tumbuhan (berupa daun dan bunga). Pecahan batu karang berelief ini diperkirakan sebagai hiasan gerbang istana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro