Piala Dunia 2022 Qatar/
Travel

8 Fakta Unik di Piala Dunia 2022 Qatar

Widya Islamiati
Selasa, 22 November 2022 - 10:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada beberapa hal menarik dari gelaran Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di negara kaya raya, Qatar.

Berikut ini sederet fakta menarik yang dirangkum oleh BBC seputar Piala Dunia 2022 di Qatar.

1. Piala Dunia Musim Dingin Pertama 

Kompetisi sepakbola dunia 2022 ini menjadi Piala Dunia musim dingin pertama. Pasalnya Piala Dunia biasanya diadakan pada pertengahan tahun. 

Namun, hal ini tidak berlaku di Qatar. Karena ketika Qatar mendapatkan hak untuk menjadi tuan rumah, FIFA perlu mempertimbangkan perihal cuaca, yang suhu tingginya bisa mencapai 50 derajat Celcius.

2. Piala Dunia yang paling mahal

Qatar diperkirakan menghabiskan sekitar $200 miliar untuk proyek infrastruktur, termasuk pembangunan stadion, jalan raya, hotel, dan lain sebagainya. 

Selama Piala Dunia digelar di berbagai negara, inilah yang menghabiskan dana paling banyak sepanjang sejarah.

3. Piala Dunia dengan Stadion yang sedikit

Dalam kompetisi ini, ada 32 tim yang bersaing, dengan 64 pertandingan tersisa. Namun, hanya delapan stadion yang akan digunakan untuk semua pertandingan.

Selain itu, dari delapan tempat yang dipilih untuk menjadi tuan rumah turnamen, kabarnya, hanya satu yang direnovasi. Sementara sisanya, negara membangun stadion baru untuk kepentingan kompetisi ini.

Berikut stadion yang digunakan Qatar untuk Piala Dunia 2022:

  • Stadion Al Bayt
  • Stadion Internasional Khalifa
  • Stadion Al Thumama
  • Stadion Ahmad Bin Ali
  • Stadion Lusail
  • Stadion Ras Abu Aboud
  • Stadion Kota Pendidikan
  • Stadion Al Janoub

4. Stadion ber-AC

Berbeda dengan stadion yang digunakan untuk kompetisi Piala Dunia sebelumnya, semua stadion di Qatar dilengkapi dengan pendingin ruangan. Hal ini lantaran suhu disana sangat panas di siang hari.

Ini merupakan solusi yang berani. Untuk pertama kalinya, satu kontri menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA di dalam stadion yang sepenuhnya memiliki pendingin ruangan.

5. Pertama kali Qatar bermain dalam Piala Dunia

Bermain di rumah sendiri, ini pertama kalinya tim nasional Qatar berpartisipasi dalam kompetisi Piala Dunia. Sebelumnya telah mencoba beberapa kali, namun dia tidak pernah lolos.

Ketika menjadi tuan rumah di turnamen memberi mereka peluang otomatis untuk lolos ke Piala Dunia.

6. Wasit wanita

Selain stadion berpendingin ruangan, untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia, wasit wanita memimpin lapangan tengah untuk pertandingan.

Ada tiga wasit wanita yang turut memeriahkan Piala Dunia 2022, yaitu Salima Mukansanga berusia 33 tahun, Yoshimi Yamashita berusia 36 tahun, dan Stephanie Frappart yang berusia 38 tahun.

7. Semua pelatih Afrika

Untuk pertama kalinya semua tim Afrika yang lolos ke Piala Dunia akan dikelola oleh pria negara tersebut.

Pelatih tersebut adalah Walid Reragui (Maroko), Aliou Cissé (Senegal), Rigobert Song (Kamerun), Jalel Kadri (Tunisia), dan Otto Addo (Ghana).

8. Yang paling komuter

Qatar adalah negara kecil. Saking kecilnya, mobilisasi menjadi hal yang sangat mudah. Kota tuan rumah seperti Doha, Lusail, Al Wakrah, dan Al Rayyan dekat dengan setiap oda. Di dua stadion paling terpencil di Qatar, Al Bayt dan Al Wakrah bahkan hanya berjarak 90 mil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro