6 Destinasi Wisata Kediri Ini Wajib Untuk Dikunjungi (instagram.com_wisatakelud)
Travel

Simak 6 Destinasi Wisata Kediri yang Wajib Untuk Dikunjungi

Nuraini
Sabtu, 10 Desember 2022 - 04:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jawa Timur menyimpan segudang potensi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya wisata Kediri yang bisa menjadi tujuan liburan Anda bersama keluarga maupun teman-teman. Lalu, apa saja tempat wisata yang ada di Kediri? Simak daftarnya khusus untuk Anda. 

Pilihan Tempat Wisata di Kediri yang Lagi Hits

Tempat wisata Kediri cukup lengkap. Ada yang bernuansa alam, ada juga wisata budaya. Berikut ini beberapa destinasi wisata di Kediri yang wajib dikunjungi.

1. Gunung Kelud

Wisata di Kediri pertama yang bisa Anda kunjungi yaitu Gunung Kelud. Bagi Anda yang hobi naik gunung, wajib untuk datang berkunjung ke Gunung Kelud.

Perlu diketahui Gunung Kelud ini merupakan gunung api aktif di Indonesia yang pernah meletus terakhir kalinya pada tahun 2014. Gunung Kelud bukanlah wisata Kediri terbaru, akan tetapi sampai saat ini masih banyak pengunjung yang menikmati panorama alam di Gunung Kelud ini. 

Bagi Anda yang tidak ingin mendaki, maka Anda bisa menggunakan kendaraan. Pasalnya jalan untuk menuju Gunung Kelud ini sudah beraspal dan juga cukup mudah untuk dapat dilalui oleh kendaraan.

2. Air Terjun Dolo

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kediri yaitu air terjun Dolo. Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata favorit untuk warga Kediri dan sekitarnya. 

Meskipun lokasinya yang berada jauh dari pusat Kota, tetapi untuk sampai ke air terjun ini Anda bisa melihat pemandangan perkebunan strawberry dan sayuran yang tentunya juga bisa dipetik oleh pengunjung wisata perkebunan tersebut. 

3. Gua Selomangleng

Tempat wisata Kediri selanjutnya yang bisa dikunjungi yaitu ada Gua Selomangleng. Dahulunya gua ini merupakan tempat yang digunakan oleh Putri Raja Airlangga yaitu Dewi Kilisuci untuk mengasingkan dirinya dan juga untuknya bertapa. Bukti keberadaannya tersebut terlihat dari adanya relief di dalam dan luar dinding gua. 

4. Gumul Paradise Island

Wisata Kediri terbaru selanjutnya yang bisa dikunjungi yaitu ada Gumul Paradise Island. Tempat wisata ini sangat cocok untuk berlibur bersama dengan keluarga. 

Ada banyak wahana yang bisa dinikmati saat berkunjung ke tempat wisata ini. Wahana tersebut diantaranya ada speed slider, flying fox, kolam renang, dan wahana lainnya. 

Bagi pengunjung yang ingin masuk ke tempat wisata ini, hanya perlu membayar sebesar Rp20.000 untuk orang dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak.

5. Candi Surawana

Tempat wisata Kediri selanjutnya yang bisa dikunjungi yaitu ada Candi Surawana. Candi ini terletak di kawasan Pare Kediri yang terkenal dengan keberadaan Kampung Inggris Pare. Bagi Anda yang suka wisata sejarah maka wajib untuk berkunjung ke candi ini.

Candi yang diperkirakan dibangun di abad 14 ini bertujuan untuk menghormati raja kerajaan Wengker yaitu Raja Bhre Wengker. Jika Anda ingin mengetahui secara lengkap dari candi ini, maka Anda bisa langsung mengunjungi Candi Surawana di kawasan Pare.

6. Monumen Simpang Lima Gumul

Tempat wisata di Kediri yang lagi hits selanjutnya yaitu ada Monumen Simpang Lima Gumul. Monumen ini dibangun pada tahun 2003 dan juga diresmikan di tahun 2008.

Banyak pengunjung yang datang ke monumen ini untuk mengabadikan momen karena tempat ini memiliki spot foto yang Instagramable. Terlebih lagi pada saat malam hari dengan banyaknya lampu perkotaan dan lampu yang ada di Simpang Lima ini menambah indahnya monumen tersebut.

Itulah beberapa destinasi wisata Kediri yang bisa Anda kunjungi saat sedang berada di Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro