Minuman berbuka puasa/Pixabay
Kuliner

Ini 7 Minuman Berbuka Puasa yang Melepas Dahaga dan Menyegarkan

Hana Fathina
Senin, 20 Maret 2023 - 13:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika memasuki bulan puasa di bulan Ramadan, umat Muslim bergegas untuk membatalkan puasa dengan mengonsumsi beraneka jenis makanan dan minuman. Satu di antara menu favorit ialah berbagai macam minuman. Minuman jenis ini sering dicari sebagai Pelepas dahaga. Untuk itu, kamu perlu mengetahui minuman berbuka puasa. 

Ada berbagai jenis minuman segar, mulai yang berbahan dasar susu dan kopi serta berbagai bahan lainnya, seperti buah-buahan. Cara membuat beberapa minuman tersebut terbilang mudah dan tanpa ribet sehingga kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. 

Berikut ini adalah beberapa minuman berbuka puasa yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Air kelapa

Minuman berbuka puasa yang satu ini jadi favorit hampir semua orang. Ketika bulan Ramadhan, kamu pasti bisa dengan mudahnya menemukan penjual air kelapa muda. Selain mudah ditemukan, air kelapa muda juga bisa menghidrasi tubuh dan mengisi elektrolit yang hilang selama kamu berpuasa. Air kelapa juga kaya akan nutrisi seperti magnesium, kalium, kalsium hingga vitamin C. kalium yang juga berguna pada air kelapa sangat baik dalam menjalankan berbagai fungsi tubuh hingga menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi. 

2. Jus buah-buahan

Selain mengandung banyak mineral, vitamin dan kalium, jus buah-buahan juga bermanfaat untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh. Untuk berbuka puasa, kamu bisa mencoba mengkonsumsi jus buah semangka dan melon karena mengandung banyak air sehingga bisa menjaga hidrasi tubuh. 

3. Infused water

Minuman berbuka puasa selanjutnya yaitu infused water. Cara membuat infused water juga sangat mudah karena kamu hanya membutuhkan air dan bahan campuran lainnya sesuai selera. Contohnya, lemon, strawberry, seren dan lain-lain. Kemudian, cuci bersih bahan campuran tersebut, potong dan tambahkan air putih. 

4. Sop buah 

Minuman berbuka puasa dari buah masih bisa jadi alternatif. Segarnya minuman dari aneka buah ini dijamin akan bikin tenggorokan adem. Jika membuatnya sendiri, kamu bisa memasukkan berbagai buah  kesukaan ke dalamnya. Kemudian campurkan dengan susu kental manis dan sirup secukupnya. Jangan lupa tambahkan es dan biji selasih.

5. Es kopyor

Es kopyor menjadi pilihan paling pas sebagai Pelepas dahaga Ketika buka puasa. Perpaduan dinginnya es dan manisnya sirup memanjakan tenggorokan dengan kenikmatan rasanya. Cukup sediakan agar-agar, gula pasir, susu kental manis, dan sirup. Tambahkan air agar tidak terlalu kental. 

6. Es blewah

Blewah menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan air sehingga cocok menjadi menu berbuka puasa. Kamu bisa memakan blewah yang sudah diserut dengan mencampurnya dengan air gula dan es batu atau menambahkan sirup sesuai selera. 

7. Jus semangka

Minuman berbuka puasa yang terakhir yakni jus semangka. Semangka mengandung banyak air, sehingga sangat cocok menjadi minuman berbuka untuk mencegah dehidrasi setelah seharian berpuasa. Dikarenakan rasa semangka manis, kamu tidak perlu menambahkan gula dan sirup, sehingga kamu bisa menghemat slot kalori untuk hidangan buka puasa lainnya. 

Itulah beberapa minuman berbuka puasa yang bisa kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro