7 Daftar Menu Buka Puasa Sehat, Apa Saja_ (pixabay)
Kuliner

7 Daftar Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi Bagi Tubuh

Nuraini
Minggu, 26 Maret 2023 - 17:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah hampir 14 jam berpuasa, waktu berbuka menjadi momen yang sangat dinantikan.

Biasanya waktu berbuka dijadikan waktu balas dendam untuk bisa memakan makanan yang diinginkan sebanyak-banyaknya. Tentu hal tersebut tidak sehat, seharusnya saat buka puasa makan menu buka puasa sehat dengan porsi yang cukup. 

Tahukah Anda apa saja menu berbuka puasa yang sehat dan enak disantap setelah menahan lapar dan haus hampir 14 jam lamanya? Simak selengkapnya disini

Daftar Menu Buka Puasa Sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat ketika berbuka puasa akan membuat tubuh lebih sehat. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 daftar menu berbuka puasa yang sehat.

1. Kurma

Menu buka puasa sehat yang pertama merupakan sunnah nabi. Kurma menjadi makanan berbuka puasa yang sehat asalkan porsinya tidak berlebihan atau secukupnya saja. Kurma memiliki rasa manis yang dapat mengembalikan energi tubuh. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat menimbulkan masalah kesehatan. 

2. Lumpia buah basah

Berbeda dengan lumpia basah pada umumnya, lumpia basah ini berisi buah-buahan. Proses pengolahannya cukup sehat karena tidak digoreng, melainkan bagian kulit lumpianya dipanggang agar timbul tekstur renyah dan gurih ketika digigit. 

Pembuatan lumpia buah basah menjadi lebih praktis lagi kalau penggunaan kulit lumpia diganti dengan rice paper. Sebelum dibalut, di bagian atas dari buah-buahan bisa ditambah dengan saus yang terbuat dari perasan lemon dan madu.

3. Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau menjadi menu sehat buka puasa yang biasa dihidangkan sebagai takjil. Pada dasarnya, kacang-kacangan sudah menyehatkan karena mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai antiinflamasi dan antitumor. Beberapa kandungan gizi baik di dalamnya antara lain zinc, mangan, potasium, dan magnesium.

4. Sup

Menu buka puasa sehat satu ini sangat enak. Sup menjadi menu sehat buka puasa yang sangat disarankan karena di dalamnya terdapat sayuran, ayam, daging, bakso, dan masih banyak lagi. Sayur yang biasanya ada di dalam sup antara lain sawi, wortel, dan kembang kol.

Wortel mengandung beta karoten, vitamin A dan vitamin C yang baik bagi tubuh. Daging ayam, bakso dan jamur mengandung protein yang mampu memenuhi kebutuhan energi tubuh. 

5. Sayur

Salah satu keluhan orang yang berpuasa adalah sulit buang air besar. Sayur banyak mengandung serat yang mampu melancarkan proses pencernaan. 

Tidak hanya itu, serat dalam sayuran dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit jantung. Sayur menjadi makanan sehat untuk buka puasa karena kandungan gizinya yang baik dan mudah diserap oleh tubuh sehingga tidak memperberat kerja lambung. 

6. Ikan

Ikan enak dimakan bersama dengan nasi. Ikan menjadi salah satu makanan berbuka puasa yang sehat sebab selain rasanya yang enak, ikan juga memiliki nutrisi penting seperti protein, vitamin D, dan omega 3. 

7. Nasi merah

Menu buka puasa sehat yang terakhir yakni nasi merah. Masyarakat Indonesia umumnya belum kenyang kalau belum makan nasi. Nasi putih mengandung banyak kalori dan karbohidrat sehingga mengkonsumsinya secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit obesitas dan diabetes. Apabila beralih dari nasi putih ke nasi merah, masalah tersebut tidak mungkin terjadi.

Nasi merah dapat menjadi pengganti nasi putih, nasi merah mengandung karbohidrat kompleks yang lebih sedikit dari nasi putih. Nasi merah menjadi makanan sehat untuk buka puasa yang enak dimakan bersama dengan kentang rebus. Menu berbuka puasa yang sehat ini baik untuk mereka yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. 

Demikian 7 menu buka puasa sehat yang layak untuk dicoba. Namun, konsumsinya hanya diperbolehkan secukupnya saja untuk menghindari kemungkinan timbulnya masalah kesehatan di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro