10 Sungai Terpanjang di Dunia, Apa Saja_ - Pixabay
Travel

10 Sungai Terpanjang di Dunia, Apa Saja?

Nuraini
Minggu, 26 Maret 2023 - 09:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sungai adalah komponen alam yang memiliki banyak fungsi bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.

Aliran sungai terdapat di beberapa wilayah. Bahkan, ada beberapa sungai terpanjang di dunia. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Urutan Sungai Terpanjang di Dunia

1. Sungai Nil (6650 km)

Sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Nil. Sungai ini berada di Benua Afrika. Panjang sungai ini mencapai 6650 km dan melalui 9 negara, seperti; Mesir, Zaire, Ethiopia, Kenya, Uganda, Rwanda, Tanzania, Sudan, dan Burundi.

Selain menjadi sungai terpanjang, Sungai Nil juga mempunyai peran besar untuk kemajuan peradaban dan ekonomi Mesir.

2. Sungai Amazon (6575 km)

Amazon juga termasuk sungai paling panjang di dunia. Sungai ini memiliki panjang sekitar 6575 km. Aliran sungai ini melalui pedalaman hutan Peru, Brazil, sampai Samudera Atlantik. Nama Amazon diberikan oleh tentara Spanyol Francisco de Orellana tahun 1541.

3. Sungai Yangtze (6300 km)

Urutan sungai terpanjang di dunia nomor tiga yaitu Sungai Yangtze. Sungai ini memiliki panjang 6300 km. Sama seperti Sungai Nil, Sungai Yangtze juga memiliki peran bagi masyarakat di sekitar aliran sungai tersebut. Sungai ini menjadi sumber daya air hingga transportasi bagi masyarakat Tiongkok.

4. Sungai Mississippi (5970 km)

Negara dengan sungai terpanjang di dunia yang nomor empat yaitu Amerika Serikat dengan Sungai Mississippi. Sungai ini memiliki panjang 5970 km dan melalui 31 negara bagian di Amerika Serikat dan 2 provinsi di Kanada.

Sungai ini menjadi habitat untuk hewan liar seperti Aligator Amerika. Maka dari itu, masyarakat yang ditinggal di sekitar sungai ini perlu waspada ketika beraktivitas di sekitar sungai.

5. Sungai Yenisei (5539 km)

Sungai ini berada di Rusia dan memiliki panjang 5539  km. Sungai Yenisei termasuk sungai paling besar yang mengalir ke arah Samudra Arktik. Hulu sungai ini berada di Mongolia, akan tetapi sebagian besar alirannya ada di Rusia.

Sebagian besar aliran sungai ini membeku karena cuaca dingin di Rusia. Bahkan, bagian yang beku bisa dilewati kendaraan selama musim dingin. Area yang membeku baru akan mencair di musim semi.

6. Sungai Kuning (5464 km)

Urutan sungai terpanjang di dunia nomor enam yaitu Sungai Kuning dengan panjang 5464 km. Sama seperti namanya, aliran sungai ini berwarna kuning keruh karena mengandung sedimen. Sayangnya, sungai ini seringkali meluap dan mengakibatkan banjir. Maka dari itu, pemerintah Tiongkok sering memberikan peringatan waspada saat hujan lebat.

7. Sungai Ob-Irtysh (5410 km)

Di nomor ketujuh ada Sungai Ob-Irtysh yang berada di Rusia. Sama seperti sungai Yenisei, Sungai Ob-Irtysh juga akan membeku saat musim dingin. Bahkan sungai ini bisa membeku selama setengah tahun lamanya.

8. Sungai Prana (4880 km)

Urutan sungai terpanjang di dunia berikutnya yaitu Sungai Prana dengan panjang sekitar 4880 km. Sungai ini mengalir di Amerika Selatan. Saat ini, debit air Sungai Prana mengalami penurunan. Kondisi tersebut ternyata berdampak bagi kehidupan masyarakat, seperti pelayaran, pariwisata, perikanan, irigasi, hingga pembangkit listrik.

9. Sungai Kongo (4700 km)

Sungai ini mengalir di Benua Afrika. Sungai Kongo menjadi satu-satunya sungai yang melalui Khatulistiwa. Beberapa bagian dari sungai ini diketahui sangat dalam, bahkan kedalamannya lebih dari 700 kaki.

10. Sungai Amur (4444 km)

Di urutan terakhir, ada Sungai Amur yang menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia. Sungai ini mengalir di perbatasan China Timur Laut dan Rusia. Sungai ini menjadi simbol geopolitik yang penting dan menjadi penghubung antara bangsa Tiongkok dan Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro