Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Kekayaan Pangeran Salman, Pemilik Baru Newcastle United

Pemilik baru Newcastle United, Mohammed bin Salman, memiliki kekayaan yang diprediksi bisa membuat klub itu kembali merajai Liga Inggris.
Newcastle United/wfcforums.com
Newcastle United/wfcforums.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemilik baru Newcastle United, Mohammed bin Salman, memiliki kekayaan yang diprediksi bisa membuat klub itu kembali merajai Liga Inggris. Pangeran mahkota kerajaan Saudi Arabia itu disebut memiliki istana termahal di dunia, kapal pesiar super mewah hingga lukisan karya Leonardo da Vinci.

Mohammed membeli Newcastle dari Mike Ashley dengan harga 300 juta pound sterling atau sekitar Rp 5,8 triliun, namun dia baru membayar sekitar 70 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Kekayaan Mohamed ternyata tak hanya terbentang di negara asalnya saja. Dia disebut sebagai pemilik kastil Louis XIV yang dia beli pada 2015 lalu. Saat itu, si pangeran membeli kastil tersebut dengan harga 250 juta pound sterling. Kastil itu sempat digunakan sebagai tempat resepsi pernikahan pasangan artis Kim Kardashian dan Kanye West pada 2014.

Pembelian kastil itu, menurut media Inggris The Sun, sempat dirahasiakan. Mohamed menggunakan perusahaan cangkang di Prancis dan Luksemburg untuk melakukan transaksi raksasa tersebut.

Di tangan Mohammed, kastil itu dikabarkan mengalami perombakan signifikan. Si empunya menjejalkan berbagai teknologi canggih di kediamannya tersebut mulai dari lampu hingga pendingin udara yang bisa dikontrol melalui telepon selular iPhone.

Memiliki luas nyaris lima ribu meter persegi, kastil tersebut memiliki berbagai fasilitas yang bisa membuat si empunya tak perlu keluar rumah. Mulai dari kolam renang di luar dan dalam ruangan, lapangan squash, ruangan karoke dan bioskop pribadi dan juga ruang penyimpanan bawah tanah yang bisa menyimpan hingga tiga ribu botol anggur.

Tetapi yang paling istimewa di kastil itu adalah ruang meditasi. Ruangan itu terletak di bawah sebuah kolam. Bagian atapnya terdapat kaca sehingga anda bisa melihat berbagai macam ikan berenang.

Kastil itu memiliki 10 ruang tidur besar, ruang pertemuan besar dengan atap setinggi 52 kaki, serta perpustakaan besar.

Bukan cuma kastil, Mohamed juga memiliki kapal pesiar mewah yang dibelinya pada 2015. Kapal dengan panjang 440 kaki tersebut dia beli dengan harga 425 juta pound sterling. Kapal tersebut kabarnya dibeli Mohammed dari seorang pengusaha Rusia setelah dia menggunakannya untuk berlibur di Prancis.

Mohammed juga dikenal sebagai pecinta seni. Dia merupakan pemilik lukisan Salvator Mundi karya Leonardo Da Vinci.

Lukisan tersebut didapatkan Mohammed setelah memenangkan lelang di Rumah Lelang Christie's pada 2017 lalu. Nilainya fantastis, 450,3 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 6,4 triliun. Lukisan itu kabarnya ditaruh Mohammed di kapal pesiar kesayangannya.

Mohammed bin Salman disebut memiliki total kekayaan pribadi sebesar 3 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp 46,5 triliun pada tahun lalu. Itu belum termasuk seluruh kekayaan anggota kerajaan Arab Saudi yang kabarnya mencapai 1,4 triliun dolar Amerika atau sekitar Rp 21.669,5 triliun.

Dengan kekayaan seperti itu, tak heran jika kemudian suporter Newcastle United berharap mereka bisa kembali merajai Liga Inggris. Setidaknya, dengan uang yang dimiliki Mohammed bin Salman, mereka tak akan kekurangan duit untuk membeli pesepakbola hebat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper